Konsep Dasar Pengembangan Bahan Ajar
Lembar Kerja Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.61166/ahnaf.v1i1.2Keywords:
Pengembangan, Bahan Ajar, LKPDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep dalam Lembar Kerja Peserta Didik, Penelitian ini menggunakan desain kajian literatur yang merupakan jenis dari penelitian kepustakaan, yang di gunakan untuk mendeskripsikan Lembar Kerja Peserta Didik melalui proses pengumpulan data secara serach literatur yang relevan terhadap sumber jurnal, artikel penelitian untuk menemukan kajian analitis, lalu di lakukan analisis data menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dikembangkan oleh pendidik sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran. LKPD yang disusun dapat dirancang dan dikembangkan sesuai dengan kondisi dan situasi kegiatan pembelajaran yang akan dihadapi. Syarat LKPD ada 3, yakni Diktatik, konstruksi, dan teknis. Adapun Komponen LKPD, memuat judul, mata pelajaran, semester, dan tempat; petunjuk belajar; kompetensi yang akan dicapai; indikator; informasi pendukung; tugas-tugas dan langkah-langkah kerja;. Langkah-langkah menyusun LKPD melalui 4 tahap yakni: Analisis Kurikulum; menyusun peta kebutuhan; menentukan judul LKPD; Menyusun LKPD, adapun kelebihan LKPD yaitu presentasi dua arah karena bahan ajar ini interaktif, sehingga digunkaan dengan aktif. Sedangkan kelemahan LKPD yaitu LKPD kadang menjadi satu-satunya bahan ajar berlatih peserta didik.
Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, LKPD
References
Ashshiddiqi, A. M. (2021). Telaah Filosofis Fitrah Manusia Dan Ilmu Pengetahuan Dalam Islam: Karakteristik, Hubungan Organik, Dan Implikasi Kependidikan. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 143–157. Https://Doi.Org/10.29313/Tjpi.V10i2.7895
Hutagalung, S. E., Simbolon, R., & Siregar, H. T. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbantuan Media Pop Up Book Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar Advent 6 Air Bersih. Prosiding Seminar Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial Dan Hukum), 2(3), 11–19.
Nurhasanah, N. (2019). Pengembangan LKPD Pada Materi Perpangkatan. 951–952. Jurnal Perencanaan Pembelajaran, 14(65), 14–65.
Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd Muhammadiyah Danunegaran. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3). Https://Doi.Org/10.30738/Trihayu.V6i3.8151
Pulungan, M., Usman, N., Suratmi, S., Suganda M, V. A., & Harini, B. (2020). Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Pada Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 7(1), 29–36. Https://Doi.Org/10.36706/Jisd.V7i1.11621
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Wreta, A. (2022). LKPD Adalah : Tujuan, Struktur, Dan Cara Menyusunnya. Https://Www.Detik.Com/Bali/Berita/D-6412008/Lkpd-Adalah-Tujuan-Struktur-Dan-Cara-Menyusunnya