Konsep Dasar Teori Belajar Dan Model-Model Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.61166/ahnaf.v1i1.6Keywords:
Konsep, Teori Belajar, Model PembelajaranAbstract
Artikel ini membahas tentang Konsep teori belajar dan model-model pembelajaran metode penelitian dalam artikel ini adalah Library Research, yang pengumpulan datanya dilakukan dengan mencari referensi melalui buku, jurnal, artikel, informasi melalui kitab dan literatur lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konsep Dasar Teori Belajar dan Model-model pembelajaran merupakan landasan dan fondasi penting bagi setiap pendidik dalam merancang strategi pengajaran yang efektif dan inklusif bagi setiap siswa. Teori-teori ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap melalui proses pembelajaran. Melalui pendekatan yang holistik dan beragam, pendidik dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang merangsang minat belajar, memfasilitasi pemahaman konsep, dan mendorong penerapan pengetahuan dalam konteks kehidupan nyata dan pendidik dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan adaptif
Kata Kunci: Konsep, Teori Belajar, Model Pembelajaran
References
Dute, Hasruddin, and Zaidir Zaidir, ‘Pendidik Dalam Pendidikan Islam Pada Masyarakat’, Jurnal Kajian Agama Hukum Dan Pendidikan Islam (KAHPI), 3.1 (2021), 34 https://doi.org/10.32493/kahpi.v3i1.p34-45.12952
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Depok: Rajawali Pers, 2018), hlm.73
Rusman, Belajar & Pembelajaran “Berorientasi Standar Proses Pendidikan” (Jakarta: Kencana, 2017), hlm.76
detik.com, ‘Hadits Menuntut Ilmu: Untuk Memudahkan Jalan Ke Surga’, Https://Www.Detik.Com/Edu/Detikpedia/d-5866155/10-Hadits-Menuntut-Ilmu-Untuk-Memudahkan-Jalan-Ke-Surga.
Abdul Majid, Strategi Pembelajaran ( Rosdakarya, Bandung, 2013), 13.
Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta: Rineka Cipta, 2005), 67.
Thamrin Tayeb,“Analisis Dan Manfaat Model Pembelajaran”, Alauduna :Vol.4 No. 2 (2017), 48.
https://tafsirweb.com/4473-surat-an-nahl-ayat-125.html
Rusman, Model-Model Pembelajaran ( Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012) 35.
Hatim Riyanto, Pradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas (Jakarta: Pranadamedia Group, 2009),135-136.
Hanafiah, Konsep Strategi Pembelajaran (Bandung: Refika Aditama: 2009)
Trianto, Model –Model Pembelajaran Inivatif, (Jakarta: Pretasi Pustaka 2007)
Hanafiah, Konsep Strategi Pembelajaran (Bandung: Refika Aditama: 2009)